wisata adrenalin

Wisata Adrenalin
Menyehatkan Badan


TERNYATA wisata uji nyali bisa menyehatkan tubuh. Sebab dengan wisata adrenalin ini, otot-otot akan menjadi kuat, melatih saraf, dan membuat diri jadi siap menghadapi tantangan.
Ada beraneka ragam wisata adrenalin yang bisa mengisi liburan. Anda tinggal memilihnya mau surfing di laut, bermain arung jeram di sungai, flying fox dengan ketinggian puluhan meter, panjat tebing, dan masih banyak lagi. Tak usah takut, wisata adrenalin ini dijamin menyehatkan badan.


"Wisata adrenalin itu banyaknya bermain di alam, jadi lebih banyak menghirup udara segar," kata ahli kesehatan olahraga dari RS Mitra Kemayoran, dr. Michael Triangto, SpKO, Kamis (7/3).

Ia menambahkan, kebanyakan wisata adrenalin juga tidak menggunakan mesin, sehingga wisatawan akan lebih banyak menggunakan dan memaksimalkan kekuatan tubuh untuk melewati setiap rintangan. "Itu tentunya baik dan bagus untuk kesehatan," katanya.

Dengan wisata adrenalin, para wisatawan akan ditantang untuk melewati banyak rintangan. Saat itulah, tubuh akan bekerja dan otak terus berpikir untuk mengatasinya. Hal ini pun memberikan dampak positip bagi kesehatan.

"Dengan wisata adrenalin, kemampuan jantung lebih baik, otot lebih kuat, dan lebih tahan rangsangan sakit," ujarnya.


Salah satu wisata adrenalin yang juga pernah dijajal oleh dr. Michael adalah arung jeram. Menurutnya, arung jeram memancing adrenalin dan memiliki tantangan yang beragam.

"Contohnya saat arung jeram, kita akan melewati jeram yang curam dan menjaga agar perahu tidak terbalik. Keseimbangan ototnya pun terlatih," papar Dr Michael yang pernah bermain arung jeram di Bali.

Selain arung jeram, jenis wisata adrenalin lainnya adalah outbound. Berbagai macam permainan di dalamnya mampu membuat jantung Anda berdebar-debar dan melatih kerjasama tiap tim.

"Kegiatan outbound itu kan juga banyak tantangannya. Outbound juga bertujuan supaya orang-orang yang kembali ke kantor jadi semangat bekerja, dapat membangun karakter, dan membentuk kerja sama yang lebih baik dengan teman-temannya," cetusnya.

Tak hanya itu, wisata adrenalin rupanya dapat membangun kepribadian yang lebih tangguh dan kuat. Tiap-tiap rintangannya menjadi ujian yang harus Anda lewati. Hal ini dapat menjadikan Anda sebagai pribadi yang tak mudah kalah dan tak mudah menyerah.

"Wisata adrenalin membuat rangsangan pada saraf-saraf simpatik. Ini akan berguna saat kita menghadapi tantangan sehari-hari. Jadinya tidak akan cengeng kalau ketemu masalah," tegasnya.

Orang yang jarang bertemu tantangan akan lebih cepat mudah menyerah dan selalu merasa tidak sanggup. "Kalau dilatih dengan wisata adrenalin, tentunya dia akan jauh lebih kuat, berani, dan tidak mudah lari dari masalah," ujarnya.

Sebelum memulai wisata adrenalin, baiknya ketahui dulu kemampuan diri Anda. Jangan sekali-kali bermain selancar di lautan jika belum bisa menjaga keseimbangan di papan seluncur. Ketahui kemampuan diri Anda untuk menentukan jenis wisata adrenalin yang cocok dan tidak membahayakan untuk diri sendiri.

"Tidak semua orang punya level fisik, kemampuan, dan kebugaran yang sama. Kita harus mengetahui kemampuan diri agar tidak cedera dan malah mengalami gangguan kesehatan. Peran pemandu wisata yang berpengalaman juga sangat penting," kata dr. Michael.

Dikatakannya, tujuan berwisata pada dasarnya adalah bersenang-senang. Untuk itu, harus dipersiapkan sisi keamanan yang maksimal. "Kecelakaan bisa saja terjadi. Tapi selama berjalan lancar pasti tidak masalah. Keamanannya harus tinggi," tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar