Pantai Santolo

Santolo, Pantai Biru nan Asri


NAMA pantai Santolo mungkin masih agak asing didengar para pelancong yang biasa menikmati keindahan pantai. Namun, pantai Santolo ini bisa disebut salah satu kawasan wisata favorit di daerah Pameungpeuk, Kabupaten Garut.


Pantai Santolo terlihat begitu asri dan indah. Birunya air laut, cerahnya langit, benar-benar membuat kita betah untuk menikmati pemandangan, sehingga tidak peduli teriknya sinar matahari, bermain di pantai bisa menjadi penawar rasa lelah.

Pasir putih, landai, sensasi ombak yang menawan serta ikan bakar yang memanjakan lidah. Dengan hamparan pasir putih yang cukup panjang di pantai Santolo membuat nyaman sekali tidur-tiduran di hamparan pasir. Pantai ini punya potensi yang menjanjikan, sebagai tempat wisata untuk keluarga.




Lepas tol cileunyi, jarak menuju pantai ini sekitar 112 km. Akses jalan mulai dari kota Garut sampai pantai Santolo sangat baik (aspal mulus dan lebar jalan cukup), hanya sedikit sekali hambatan jalan berlubang atau jalan rusak. Yang paling menonjol dari perjalanan antara Kota Garut sampai Pameungpeuk adalah kondisi pemandangan kiri kanan jalan yang sangat bervariasi. Kita akan melewati kota-kota kecamatan dengan toko-toko atau pasar yang khas, kawasan hutan, persawahan dan kebun teh. Mata kita akan dimanjakan, karena melintasi bukit-bukit yang asri, sejuk dan tentu dengan sensasi jalan berliku yang menyenangkan.


Di kawasan Pantai Santolo banyak rumah makan sea food dan penginapan-penginapan murah meriah. Kalau Anda tidak berkeberatan untuk sedikit kepanasan, ada banyak penginapan dengan kelas Rp 50.000-Rp 100.000 per malamnya. Lokasi penginapan tepat di pinggir pantai, sehingga dalam tidur pun dapat menikmati deburan ombak pantai selatan yang menggelegar.

Jika bosan dengan pantai dengan pasir putih yang landai, maka tinggal menyebrangi muara (bayar ongkos perahu Rp 2.000/orang), Anda sudah berada di sisi Pantai Santolo yang berbeda. Di sisi muara ini, pantainya didominasi dengan karang-karang (pantai karang), sehingga apabila sedang surut bisa bermain ke tengah lautan melewati karang-karang keras yang ada di sana. Cukup lengkapkan sajian pantai yang disuguhkan di Pantai Santolo-Pameungpeuk ini.

Pantai Santolo cukup bagus untuk yang hobi fotografi. Pasir putih, karang, ombak, hutan, perahu nelayan, sunset, awan dan banyak yang bisa diabadikan sebagai kenangan indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar