Bandung Akan Miliki Sky Bridge

http://www.viralgen.com/pro/jrox.php?uid=cahayanusa

Bandung Akan Miliki Sky Bridge


JLN. PASTEUR (GM) - Pembangunan proyek Bandung Sky Bridge (BSB) atau kereta gantung di metropolitan area Kota Bandung akan segera dimulai. Hal itu seiring dengan rencana peletakan batu pertama atau ground breaking proyek tersebut pada tanggal 12 Juni mendatang.


"Saat ini kesiapan proyek sudah mencapai 90 persen mulai dari segi teknis, finansial maupun koordinasi dengan instansi terkait. Apalagi kita menargetkan pertengahan tahun 2013 nanti bisa dioperasionalkan," jelas Sanjaya Susilo, Direktur PT Aditya Dharmaputra Persada sebagai developer dan project initiator proyek Bandung Sky Bridge kepada wartawan, Senin (14/5).

Dipaparkan Sanjaya, proyek Bandung Sky Bridge merupakan proyek pembangunan untuk kereta gantung yang menghubungkan sekitar Jln. Pasteur dengan Sukajadi. Rencananya stasiun kereta gantung tersebut (stasiun bandara) akan ditempatkan di sekitar Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi elautan (PPGL) dan membentang ke pusat perbelanjaan Paris van Java Mall di Jln. Sukajadi Bandung dengan panjang lintasan sekitar 2 km.

"Kehadiran kereta gantung ini secara tidak langsung bisa mengatasi kemacetan yang terjadi di Jln. Pasteur dan sekitarnya. Apalagi selama ini kemacetan di Pasteur kondisinya sangat parah. Terutama pada saat week end dan long weekend," ujarnya.

Kereta gantung tersebut tentunya bisa mengatasi kemacetan yang ada di Kota Bandung, pasalnya bisa melayani sekitar 2.400 orang per jam. Apalagi pihaknya akan menyediakan sekitar 55 unit kabin car dengan kapasitas penumpang 10 orang per kabin.

Kereta gantung di metropolitan area Kota Bandung sendiri membentang sejauh 2 km dengan ketinggian sekitar 50 meter dari tanah dengan kecepatan maksimal 20 km per jam.

Selama ini kereta gantung atau cable car sudah digunakan di beberapa negara maju untuk transportasi masyarakat, seperti Inggris, Turki, Kolombia, Venezuela, Brasil, Amerika, dan lainnnya. Sedangkan di Indonesia, saat ini kereta gantung ada di Taman Mini Indonesia Indah. Sementara untuk di Kota Bandung sendiri, itu merupakan cable car atau kereta gantung pertama yang ada di Indonesia untuk digunakan sebagai sarana transportasi masyarakat.

"Kereta gantung cukup aman digunakan masyarakat sebagai sarana transportasi. Terlebih selama ini belum pernah ada kecelakaan yang terjadi," katanya.
Dikutip dari : Galamedia 15/05/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar