GWK Bali


Begitu Spektakulernya GWK Bali


BARU mendengar kata Bali saja, tentunya sudah terbayang banyak hal yang indah dan istimewa di sana. Sejatinya pulau di ujung timur Pulau Jawa yang kerap disebut Pulau Dewata ini, memang menyimpan banyak keunggulan wisata. Bukan hanya panorama alamnya yang begitu memikat, namun seni dan budaya pun sudah diakui dunia. Tak heran jika Bali memiliki daya tarik yang sangat luar biasa, baik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara.


Harus diakui Bali memang memiliki kelengkapan paripurna untuk suatu kawasan wisata. Sebut saja bagaimana indahnya Pantai Nusa Dua, Pantai Kuta, Sanur, serta seabrek objek wisata lainnya yang didukung oleh keberadaan seni budaya khas masyarakat Bali. Belum lagi kalau semua kawasan itu dipadu dengan kelengkapan akomodasi hotel, sarana dan prasarana pariwisata, kuliner, objek wisata belanja, dan lainnya.

Salah satu objek wisata yang kini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Bali, adalah keberadaan Taman Wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK). Di tempat ini, wisatawan selain bisa menikmati berbagai patung besar nan indah karya anak bangsa, juga dapat melihat indahnya alam Bali melalui teropong yang disediakan dengan biaya relatif murah hanya Rp 5000 untuk waktu pemakain selama 2 menit.

GWK merupakan sebuah taman wisata di pulau Bali, yang berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut. Objek wisata yang satu ini terletak di Tanjung Nusa Dua, Kab. Badung, Bali. Untuk memasuki tempat itu, wisatawan dikenai biaya masuk Rp 25.000.

Begitu masuk ke GWK, akan ditemukan sebuah area tempat pertunjukan gamelan Bali dan tari-tarian Bali yang dikenal dengan nama amphitheater, merupakan area pertunjukan yang menyatu dengan alam terbuka. Di situ biasanya para wisatawan akan disuguhi kesenian gamelan Bali, yang mengiringi gemulai para penari Bali nan cantik-cantik.

Tak jauh dari amphitheater, dengan jalan sedikit menanjak menuju sebuah bukit akan ditemukan Wisnu Plaza.. Di tempat ini terdapat Patung Dewa Wisnu. Tak hanya itu, di tempat ini pula akan ditemukan mata air yang mengalir tak pernah habis. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, mata air tersebut dipercaya sebagai mata air yang penuh berkah. Keistimewaannya bila para wisatawan memohon sesuatu di tempat itu, katanya akan dikabulkan .

Dari Wisnu Plaza, agak turun ke sebelah utara akan ditemukan suatu area yang dikenal dengan nama Lotus Pond. Rencananya patung garuda yang ada di area tersebut, nantinya akan disatukan dengan Patung Dewa Wisnu yang ada di Wisnu Plaza. Digadai-gadai, patung tersebut bila sudah disatukan akan lebih besar dan lebih tinggi di dunia mengalahkan Patung Liberty di Negara Paman Sam.

GWK juga menyimpan sebuah taman yang disebut dengan nama Taman Indra Loka. Tidak jauh dari Amphiteater terdapat tempat bernama Street Theater. Kawasan ini merupakan titik awal dan akhir kunjungan ke GWK. Di tempat itu para pengunjung dapat berbelanja pernak-pernik khas Bali, dari mulai kuliner, kerajinan khas hingga souvenir lainnya yang pasti akan membuat wisatawan ingin kembali ke GWK.

dikutip dari Galamedia 28/5/12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar