Bandung Air Show Siap Digelar

Bandung Air Show Siap Digelar
Kerahkan 40 Pesawat Tempur


Dalam rangka memperingati HUT ke-202 Kota Bandung, Pemkot Bandung bersama Lanud Husein Sastranegara kembali menggelar pertunjukan udara bertajuk Bandung Air Show (BAS). BAS 2012 rencananya akan digelar pada 27-30 September mendatang di kompleks Lapangan Udara Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Husein Sastranegara.


Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Edi Siswadi berharap, even berskala internasional itu akan berlangsung meriah dan dapat menyedot animo masyarakat.

"Kami juga berharap ini akan menjadi event rutin. Ke depan, event ini harus tetap digelar," ujar Edi kepada wartawan, usai rapat persiapan panitia di Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Jumat (14/9).

Dalam even yang akan menghadirkan pesawat dan pilot dari beberapa negara asing itu, warga yang akan menonton memang diharuskan membayar Rp 15 ribu untuk tiket masuk.

Namun Edi menilai angka itu sangat murah dan tidak akan mengecewakan. Pasalnya masyarakat akan disuguhi tontonan kedirgantaraan, mulai dari terjun payung, static show, dinamic show, aerobic pesawat udara (atraksi udara spektakuler) yang dilakukan oleh pesawat dari dalam dan luar negeri.





"Jadi anggap saja tiket masuk ini sebagai partisipasi masyarakat dalam menyukseskan acara ini," katanya.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Dinas Operasi Lanud Husein Sastranegara, Letkol Imam Subekti memarpakan, dalam BAS 2012 itu nantinya akan diperlihatkan 30 hingga 40 pesawat tempur dari TNI AU dan belum pernah ditunjukkan kepada masyarakat. Selain itu, pesawat-pesawat canggih lainnya juga akan diperlihatkan kepada masyarakat.

Kota Bandung, ujar Imam, merupakan kota pertama di Indonesia yang bisa merakit pesawat. Selain itu, tambahnya, di Bandung juga ada markas angkatan udara yang cukup besar.

"Di Kota Bandung juga ada sekolah sipil kedirgantaraan. Jadi memang pantas jika Kota Bandung disebut kota dirgantara, melihat juga sejarahnya," paparnya.

Ia menjelaskan, selama empat hari pelaksanaan, target pendatang sendiri diperkirakan sebanyak 45 ribu orang. Jadwal event air show dimulai pukul 09.00-16.00 WIB atau disesuaikan dengan cuaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar