Pantai Camplong, wajah damai madura

Pantai Camplong, wajah damai Madura


SAMPANG ternyata tidak hanya terkenal karena keramahan penduduknya dan daerahnya yang damai. Di sana juga tersimpan pesona pantai yang begitu menarik dan indah, yang bisa menjadi salah satu tempat liburan untuk keluarga.


Pantai Camplong di Sampang, Madura, Jawa Timur menyajikan pasir putih yang setarap di bawah pantai Kuta, Bali. Pemandangan, kuliner, dan penginapan tersedia di sekitar pantai bagian selatan Madura ini.

Saat menikmati segarnya pantai, Anda pun bisa menikmati sajian khas Camplong, yakni rujak cingur. Yang membedakan rujak-rujak lain di Indonesia, rujak cingur adalah ditambah irisan cingur yang merupakan daging dari moncong atau mulut sapi.


Tidak hanya rujak cingur, kuliner khas lain di Pantai Camplong adalah nasi kobel. Mungkin sebagian orang masih kurang mengetahui apa nasi kobel itu? Namun bagi warga sekitar Pantai Camplong dan nelayan yang akan melaut, sudah tidak asing lagi dengan nasi kobel. Sejarah nasi kobel diceritakan sebagai makan untuk para nelayan yang akan melaut, terdiri dari nasi putih dengan lauk pauknya ikan laut, tahu, sambal kelapa, dan sambal khas. Memang sederhana, tetapi kelezatannya bisa memainkan lidah Anda dan menggoda selesar makan.

Nasi kobel ini paling enak di nikmati pada waktu malam hari di tepi Pantai Complang sambil menyaksikan lukisan alam yang luar biasa indahnya.

Wajah damai

Sampang adalah tempat yang indah dan penuh kedamaian. Wajah damai Sampang ini, bisa kita lihat di Pantai Camplong. Dekat dengan pusat Kabupaten Sampang jelas membuat Pantai Camplong menjadi favorit wisatawan yang datang ke Madura. Ombak besar, dataran pasir yang landai dan luas menambah daya tarik tersendiri. Bahkan, Pantai Camplong Ini merupakan pantai paling "cantik" di Madura.

Perjalanan untuk sampai di Pantai Comlpang sangat mudah untuk diakses dengan jalan yang memadai. Perjalanan ini ditempuh selama sekitar satu jam. Begitu sampai di Sampang, rambu-rambu bisa dengan jelas menuntun Anda sampai ke Pantai Camplong.

Melintasi Jalan Raya Pantai Camplong, suasana pantai sudah sangat terasa. Di sebelah kanan jalan terlihat pantai yang biru tertutup bukit-bukit yang indah. Pantai Camplong masih yang "malu-malu" menampakkan keindahannya. Tidak lama lagi, Anda akan menemukan beberapa tanaman bakau yang tumbuh persis dekat jalan raya dan teruslah berjalan menuju pintu gerbang kawasan wisatanya.

Masuk ke kawasan wisata Pantai Complang, Anda tidak usah merogoh kocek terlalu dalam. Hanya Rp 5.000 sudah bisa main sepuasnya. Dengan tiket yang tergolong murah tersebut, Anda sudah bisa menikmati Pantai Camplong yang sangat indah.

Menuju bibir pantai, ada jalan setapak yang dipayungi oleh banyak sekali pohon cemara. Di sisi kanan dan kirinya berjejer kios-kios yang menjual suvenir khas Madura. Akan tetapi, beberapa kios juga menjual perlengkapan untuk wisata pantai.

Setelah melewati beberapa kios lainnya, Anda akan segera menginjak pasir pantainya yang halus. Sangat luas, itulah kesan pertama ketika datang di Pantai Camplong. Dataran yang landai terlihat seperti tak ada batasnya. Anak-anak bebas berlarian ke sana kemari tanpa takut karang tajam melukai kaki mereka. Ya, pasir di Pantai Camplong memang cukup bersih dari karang.

Bermain air di tepi pantai menjadi kegiatan paling mengasyikan. Airnya biru dan masih sangat bersih. Ombaknya cukup kencang, tapi sangat aman untuk anak-anak, dan Anda bebas berenang sesuka hati. Menikmati ombak pasti terasa lebih seru jika Anda menyewa pelampung. Harganya Rp 5.000 untuk sekali peminjaman. Di atas pelampung yang terbuat dari ban dalam mobil ini, Anda bisa menikmati pemandangan pantai sambil sesekali digoyangkan oleh ombak.


Selain itu, ada juga beberapa kapal yang menyediakan perjalanan hingga ke tengah laut. Mumpung di pantai, kenapa tidak sekalian mencoba asyiknya naik perahu. Untuk bisa menikmati pemandangan sampai ke tengah laut, Anda harus membayar Rp 5.000 per orang. Namun, Anda harus bersabar karena kapal harus terlebih dulu menunggu 4 penumpang lagi.

Menutup wisata Anda di Pantai Camplong, sepertinya sangat pas jika bersantai sambil menikmati rujak cingur. Panganan khas Madura ini sangat cocok dinikmati dengan segelas es kelapa muda. Apa lagi jika sunset sudah mulai memancarkan cahaya indahnya, pasti makin menyempurnakan liburan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar