Tips Membeli Oleh-Oleh Lebaran

Tips Membeli Oleh-Oleh Lebaran



Sebelum membeli oleh-oleh lebaran, ada baiknya anda perhatikan tips membeli oleh-oleh berikut ini.

Untuk siapa. “Sasaran” oleh-oleh lebaran yang hendak kita bawa pastikan sudah jelas. Sehingga oleh-oleh yang anda beli dan bawa tidak berlebih. Bukannya apa-apa, jika anda naik kendaraan umum bukan soal mudah membawa barang banyak di saat mudik seperti ini. Kalau anda naik pesawat pun, kelebihan barang bawaan akan menyebabkan anda kena charge tambahan. Apalagi jika anda pemudik yang mengendarai sepeda motor. Barang bawaan yang terlalu berlebih bisa membahayakan keselamatan anda.


Budget. Berapa budget yang anda siapkan untuk membeli oleh-oleh lebaran. Dengan memiliki budget yang jelas, anda bisa menggunakan dana yang ada dengan sebaik-baiknya.

Yang bisa dipaketkan. Jika anda merasa terlalu repot untuk membawanya sendiri, anda bisa cari penjual yang bisa sekaligus memaketkan barang tersebut. Jadi anda tak perlu repot untuk bawa sendiri oleh-oleh tersebut.

Apa oleh-olehnya. Nah, ini yang akan dibahas lebih lanjut di bawah. Biasanya jenis oleh-oleh terkait dengan siapa yang akan diberi oleh-oleh.

Secara jenis, oleh-oleh lebaran mungkin bisa dibagi seperti ini:


Makanan khas. Bagi Anda yang ada di rantau, membawa oleh-oleh makanan khas ke tempat mudik biasanya yang paling sering menjadi pilihan. Sebab itu, tak perlu heran jika menjelang Hari Raya Idul Fitri ini para pebisnis makanan khas lagi sibuk-sibuknya menggenjot kapasitas produksi; dan bagi penjual penganan khas pun sedang repot menambah stok produk.
Untuk jenis makanan khas banyak sekali ragamnya. Pilih makanan yang akan anda jadikan oleh-oleh ini tidak cepat basi. Tanyakan ke penjual jika anda kurang yakin sampai berapa lama makanan tersebut bisa bertahan.

Pakaian. Pakaian, kaos, celana dan sejenisnya cukup sering dijadikan oleh-oleh lebaran. Terutama untuk kaos yang bertuliskan daerah tempat anda rantau. Selain harganya yang terjangkau, oleh-oleh jenis ini juga “tahan lama”.   Dan yang diberi pun pasti akan selalu mengingat anda.

Obat. Bagi yang punya orangtua atau kakek/nenek atau pak dhe /bu dhe atau pak lik/bu lik atau om dan tante yang sedang menderita penyakit tertentu, tentunya menjadikan obat sebagai oleh-oleh lebaran merupakan hal yang sangat baik. Siapa tahu obat yang anda bawa bisa ikut membantu menyembuhkan penyakit yang selama ini diderita. 

Benda-benda kecil. Benda-benda yang bentuknya kecil bisa juga dijadikan oleh-oleh. Bentuknya yang kecil juga akan mempermudah untuk dibawa. Contohnya seperti gantungan kunci atau pajangan tertentu.

Benda lainnya. Apapun pada dasarnya bisa dijadikan oleh-oleh. Bisa sandal, sepatu, topi, atau jam tangan. Yang penting, inti membawa oleh-oleh adalah untuk mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan.

Bagi yang mau mudik, pesan saya persiapkan acara mudik dengan baik. Jaga kesehatan dan berhati-hati selama di perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar